Selamat Hari Pahlawan 2018


Selamat pagi para pembaca. Merdeka!!! Wah mbakE pagi-pagi sudah teriak-teriak merdeka. Ya, karena hari ini kita bangsa Indonesia memperingati hari Pahlawan setiap tanggal 10 November. Melihat ekspresi garang dari Bung Tomo pada ilustrasi foto di atas, rasa nasionalisme kita seperti ikut terbakar, setuju? Bagaimana apakah di antara para pembaca mengikuti upacara bendera pagi ini? Atau sudah beraktivitas normal kembali? Atau mungkin pergi liburan di akhir pekan?

Sedikit mengulas tentang Hari Pahlawan (대한민국의 현충일과 같은 인도네시아의 국경일), apa para pembaca penasaran dengan Hari Pahlawan di Korea? Apakah negara Korea juga memperingati Hari Pahlawan? Jawabnya, iya. Hari Pahlawan di Korea disebut 현충일 (hyeonchungil) dan diperingati setiap tanggal 6 Juni (tanggal 6 bulan 6). Dan ditetapkan sebagai hari libur nasional (공휴일 gonghyuil) alias tanggal merah. Kalau di Indonesia, Hari Pahlawan hanya diperingati saja tapi belum ditetapkan menjadi hari libur nasional. Kenapa begitu ya? MbakE juga masih belum mengerti alasannya. 

Mengenai ritualnya, baik di Korea maupun Indonesia, kedua negara punya agenda yang hampir sama untuk memperingati Hari Pahlawan. Baik presiden, instansi, ataupun warga sipil memperingati dan mengenang jasa-jasa pahlawan dengan upacara bendera (국기게양일 gukkigeyangil), mendatangi Taman Makam Pahlawan lalu mengheningkan cipta, dan biasanya presiden RI akan mengumumkan dan menetapkan nama-nama yang mendapat gelar Pahlawan Nasional.

Sebagai penutup, mbakE akan sedikit menceritakan pahlawan-pahlawan nasional yang berasal dari Salatiga. Ini ada unsur kesengajaan supaya Salatiga (kampung halaman mbakE) jadi terkenal hehehe.. MbakE yakin para pembaca sangat familier dengan namanya, minimal tahu nama tersebut karena diabadikan untuk penamaan jalan-jalan protokol di seantero kota-kota di Indonesia.


Berikut pahlawan-pahlawan nasional asli kota Salatiga (살라티가에서 오신 국가 영웅) :
  1. Adisutjipto (아디수찝또), mewakili pahlawan dari angkatan udara. Diabadikan menjadi nama bandara internasional di Yogyakarta (족자카르타에서 아디수찝또 국제 공항)
  2. Brigjen Sudiarto (수디아르또), mewakili pahlawan dari angkatan darat.
  3. Yos Sudarso (요스 수다르소), mewakili pahlawan dari angkatan laut.
(foto hari pahlawan dari makassar[dot]tribunnews[dot]com,
foto monumen pahlawan Salatiga dari nazhalitsnaen[dot]wordpress[dot]com)

Pecinta bahasa Korea sejak tahun 2011 hingga sekarang. Penutur aktif bahasa Jawa, baik itu dialek Semarang-an, Jogja-nan, maupun Suroboyo-nan.

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima kasih sudah menuliskan komentar. Komentar Anda akan dimoderasi lebih dahulu jadi tidak akan langsung muncul.