Welcome November


Selamat datang bulan November !! ^o^

MbakE senang sekali kalau bulan November sudah tiba, karena banyak acara yang berlangsung (walaupun itu kegiatan di belahan bumi yang punya 4 musim, kalau di Indonesia apalagi di Salatiga ya biasa-biasa saja hehehe). Oke, kegiatan apa saja yang akan berlangsung di bulan November ini (baik di Amerika, Korea, maupun Salatiga) ? MbakE akan rangkumkan di bawah ini :

1. Salju pertama (첫눈)
Meninggalkan musim gugur yang sejuk, bulan November adalah awal musim dingin. Tentu saja temperatur udara akan semakin dingin dan beku. Dan biasanya pada minggu-minggu pertama atau kedua akan turun salju pertama. Karena mbakE hanya mengikuti kronologi peristiwa yang ada di Korea, jadi mbakE akan menceritakan salju pertama yang turun di Korea. Untuk tahun ini, salju pertama sudah turun lebih dulu pada minggu-minggu terakhir bulan Oktober di Gunung Seorak (설악산). Katanya lebih cepat 16 hari dibanding tahun 2017. Untuk salju pertama di ibukota Seoul, kita nantikan saja yaa..

2. Pepero Day (빼빼로데이)
Ini juga perayaan khas Korea, dirayakan setiap tanggal 11 November. Karena jika ditulis dengan angka, 11 November itu sama dengan 11-11, dan angka tersebut mirip dengan bentuk camilan stick balut coklat bernama Pepero (kalau di Indonesia lebih terkenal yang produksi Jepang namanya Pocky).

3. Ulang tahun mbakE
Yang ini off the record saja, jadi malu sendiri hihihi :">

4. Thanksgiving Day
Perayaan yang terakhir adalah Thanksgiving Day. Ini juga perayaan gaya Amerika yang jatuh setiap hari Kamis bulan keempat November. Tahun 2018 ini jatuh pada tanggal 22 November. Bisa disebut juga Lebaran-nya orang Amerika. Kalau mendengar Lebaran, di negara mana saja ya identik dengan libur, berkumpul dengan keluarga, makanan lezat, dan shopping. Ikon makanan yang paling populer adalah kalkun panggang dan pumpkin pie. Yang paling mbakE suka adalah hadirnya berbagai macam pie terutamanya pumpkin pie yang hangat, lembut, dan lezat. Karena di saat cuaca dingin paling nikmat makan yang hangat-hangat. Hmmm... baru membayangkan saja sudah tidak sabar ^^

5. Black Friday 
Black Friday adalah juga perayaan gaya Amerika. Artinya adalah hari Jumat setelah perayaan Thanksgiving. Dan Black Friday tahun 2018 jatuh pada tanggal 23 November. Di hari tersebut, semua pusat perbelanjaan di seantero Amerika akan mengadakan sale/diskon besar-besaran. Dan itu artinya juga saatnya shopping besar-besaran bagi masyarakat di sana. Walaupun Indonesia tidak merayakan tapi mbakE kira pusat perbelanjaan yang modern ataupun marketplace di Indonesia juga akan ikut mengadakan event ini.

Ya demikian beberapa agenda kegiatan atau peristiwa yang akan terjadi di bulan November ini. Semoga bermaanfaat ^^

(foto dari pencarian Google)

Pecinta bahasa Korea sejak tahun 2011 hingga sekarang. Penutur aktif bahasa Jawa, baik itu dialek Semarang-an, Jogja-nan, maupun Suroboyo-nan.

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima kasih sudah menuliskan komentar. Komentar Anda akan dimoderasi lebih dahulu jadi tidak akan langsung muncul.