Cara membuka file HWP di Microsoft Word


Apa itu HWP? Kalau mbakE merujuk dari Wikipedia, HWP kepanjangan dari Hangul Word Processor. Suatu format dokumen yang khusus digunakan di Korea Selatan. Jadi gampangnya seperti format dokumen .doc atau .docx yang dipunyai oleh software pengolah kata Microsoft Word, hanya saja ini versi Korea. 

Kalau kita sering berinteraksi dengan orang Korea tentu juga akan sering sekali mendapatkan file dengan format jenis HWP ini. Masalahnya, negara kita Indonesia yang mayoritas menggunakan aplikasi-aplikasi buatan Amerika tentu secara default tidak bisa mengenali jenis file HWP ini. Kita tidak akan bisa membuka file HWP ini dengan memakai Microsoft Office ataupun aplikasi sejenis seperti Open Office. Untungnya masalah ini sudah diantisipasi oleh Microsoft dan kini kita bisa mengkonversi file HWP tersebut ke dalam format .docx seperti yang biasa kita gunakan. Bagaimana caranya? Ayo kita praktekan bersama.

Langkah 1 : Kita memerlukan aplikasi tambahan untuk mengkonversi file HWP tersebut ke dalam format .docx. Aplikasi tersebut bernama Hanword HWP document conventor for Microsoft Word berasal dari situs resmi Microsoft sendiri (jadi tentunya aman untuk diunduh). Aplikasi tersebut bisa diakses di tautan berikut HWP document converter.

Langkah 2 :  Pilih bahasa Inggris (English) lalu klik tombol Download berwarna merah
HWP Document Converter for Microsoft Word
 
Langkah 3 :  Pilih jenis sistem operasi laptop atau komputer para pembaca menggunakan versi 32-bit atau 64-bit. Kalau memakai versi 32-bit, centang yang HwpConverter_x86. Sedangkan untuk versi 64-bit, centang yang HwpConverter_x64. Kemudian klik tombol Next.

Bagaimana bisa tahu laptop atau komputer kita memakai versi yang mana? Ikuti Langkah 4 ya... Jika pembaca sudah tahu versi yang mana yang dipakai, silahkan langsung lompat ke Langkah 7 untuk melanjutkan.

Langkah 3

Langkah 4 : Ada cara untuk mengetahui versi sistem operasi yang kita gunakan secara otomatis yaitu dengan mengakses dari situs Microsoft sendiri. Silahkan cek tautan berikut mengecek versi sistem operasi. Nah begitu halaman terbuka, kita akan langsung mendapatkan hasilnya apakah versi 32-bit atau 64-bit seperti pada gambar.

Langkah 4

Langkah 5 : Atau jika para pembaca penasaran ingin mencobanya secara manual, bisa mengikuti panduan yang diberikan oleh Microsoft masih dari halaman yang sama. Ada berbagai panduan dengan versi Windows yang berbeda. Jika tidak tertarik, pembaca bisa langsung lompat ke Langkah 7 untuk melanjutkan. Untuk yang ingin mencoba mengecek manual, mbakE akan praktekkan dengan sistem operasi Windows 7. Silahkan klik tombol Start pada layar komputer pembaca, kemudian di kotak pencarian ketik system. Sistem akan menampilkan hasil seperti pada gambar, klik System Information

Langkah 5

Langkah 6 : Akan terbuka tampilan informasi sistem seperti pada gambar. Lihatlah ke sebelah kanan dan cari System Type. Jika di situ tertulis diawali x86 berarti komputer pembaca menggunakan sistem operasi versi 32-bit. Dan jika tertulis x64 berarti menggunakan versi 64-bit

Setelah tahu menggunakan versi yang mana, silahkan kembali ke Langkah 3 untuk melanjutkan pengunduhan.


Langkah 7 : Klik tombol Save File untuk mendownload aplikasinya.

Langkah 7

Langkah 8 : Buka lokasi folder Download dan cari file bernama HwpConverter_x86_en-us.exe. Klik dua kali untuk memasangnya. Centang pada kotak di bagian bawah kemudian klik Continue

Langkah 8

Langkah 9 : Jika berhasil dipasang, akan muncul notifikasi seperti ini

Langkah 9


Langkah 10 : Aplikasi yang baru saja dipasang tadi bisa diakses dari C:\Program Files\Microsoft Office\Office15. Di situ akan ada file bernama BATCHHWPCONV.exe. Klik dua kali file tersebut untuk membuka aplikasinya.
 
Langkah 10

Langkah 11 : Aplikasi Hanword HWP document converter tersebut sudah terbuka. Di bagian Folder dan File, pilih yang File. Kemudian pilih file HWP yang akan dikonversi di kotak baris yang pertama. Sedangkan di baris kedua biasanya akan terisi otomatis memakai lokasi yang sama dengan file sumbernya. Setelah itu klik tombol Convert. Jika berhasil akan muncul notifikasi di bawahnya: Conversion Success

Langkah 11

Langkah 12 : Di lokasi tempat file HWP berada tadi, sudah muncul file yang sama tapi berformat .docx. Silahkan klik dua kali file .docx tersebut untuk melihat hasil konversinya.

Langkah 12

Langkah 13: Tadaaaaa! File HWP tadi sudah berubah menjadi DOCX dan dapat dibuka dengan mulus di Microsoft Word. Selamat mencoba!

Langkah 13

Pecinta bahasa Korea sejak tahun 2011 hingga sekarang. Penutur aktif bahasa Jawa, baik itu dialek Semarang-an, Jogja-nan, maupun Suroboyo-nan.

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima kasih sudah menuliskan komentar. Komentar Anda akan dimoderasi lebih dahulu jadi tidak akan langsung muncul.