Malbok : Hari terpanas ketiga di Korea

Selamat sore para pembaca. Apa kabar? mbakE harus kembali memberi update karena di kalender Korea pada hari ini muncul kata Malbok. Apakah para pembaca sudah mencoba mengunduh aplikasi kalender Korea? Kalau belum silahkan mampir dulu ke kalender korea.

Artinya Malbok



Ya, jadi Malbok (말복) adalah hari terpanas ketiga di Korea. Dari dua hari terpanas sebelumnya (Chobok dan Jungbok) mungkin Malbok ini adalah yang terpanas karena hampir selalu jatuh di bulan Agustus setiap tahunnya. Sedangkan bulan Agustus memang menjadi bulan puncak musim panas itu sendiri. Bukan hanya suhu udara saja yang meningkat tetapi kelembaban udara juga meningkat. Saya banyak membaca headline berita bahwa tidak sedikit diberitakan warga Korea terutama para lansia yang mengalami dehidrasi diakibatkan oleh cuaca yang sangat panas ini. Tapi kabar baiknya, setelah Malbok muncul itu artinya musim panas akan segera berakhir. Suhu udara akan berangsur normal dan kemudian berangsur turun untuk menyambut musim gugur.

Pecinta bahasa Korea sejak tahun 2011 hingga sekarang. Penutur aktif bahasa Jawa, baik itu dialek Semarang-an, Jogja-nan, maupun Suroboyo-nan.

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima kasih sudah menuliskan komentar. Komentar Anda akan dimoderasi lebih dahulu jadi tidak akan langsung muncul.