Cara Memunculkan Tombol Language Korea yang Hilang di Layar Windows

Tombol language bar menghilang

Halo para pembaca setia.. jumpa lagi dengan mbakE. Kali ini mbakE akan bagikan tips mengenai teknis bukan bahasa, tapi tentu masih ada hubungannya dengan bahasa Korea. Ya, jadi ceritanya.. mungkin cukup lama mbakE absen dari dunia menulis di internet (termasuk blog ini hiatus cukup lama ya mungkin 2 tahun). Kemudian saat mbakE kembali aktif menulis dan saat akan menulis dalam bahasa Korea tentu memperlukan tambahan tombol bahasa Korea untuk mengganti mode alfabet Latin dan hangeul (alfabet Korea). Nahhh.. saat itulah mbakE tersadar bahwa language bar bahasa Korea di laptop mbakE ternyata menghilang entah kemana. Ilustrasinya bisa lihat gambar di atas, kotak tombol bahasa yang secara default biasanya muncul huruf EN (bahasa Inggris) menghilang dari taskbar.

Namun jangan khawatir! dan mbakE pun juga tidak begitu panik karena sebagai orang teknik, ini hanya masalah teknis kecil. Berikut mbakE akan berikan caranya yang maknyus dalam beberapa detik saja. MbakE akan peragakan untuk yang menggunakan sistem operasi Windows.

Memunculkan tombol language bar yang hilang

Pertama, klik tombol Start dari layar. Kemudian dalam kotak "Search programs and files" ketikkan "ctfmon.exe" (tanpa tanda petik). Lalu tekan Enter dari keyboard. Jangan khawatir dengan ekstensi nama program yang berakhiran exe tersebut. Mungkin para pembaca merasa ragu jangan-jangan ini program berbahaya. Tidak perlu ragu, karena dalam hal ini kita tidak menginstal program baru apapun. Ini adalah file asli bawaan dari Windows itu sendiri, jadi tentu saja aman.

Memunculkan tombol language bar Korea

Dan lihat saja, dalam beberapa detik saja, language bar kesayangan sudah muncul kembali di layar laptop mbakE. Tentu saja untuk menggunakan fasilitas bahasa Korea, kita harus klik atau aktifkan tombol KO (Korean). Wah senangnyaaaa... akhirnya mbakE bisa menulis lagi memakai Hangeul (huruf Korea) tanpa hambatan.

Cara memunculkan tombol language bar Korea

Oya, mbakE akan berikan tips bonus. Ini bagi yang belum tahu shortcut untuk mengganti mode huruf Latin ke huruf Korea dan sebaliknya, tidak perlu terus meng-klik melalui mouse. Tetapi sembari mengetik, bisa langsung tekan tombol "Alt" dari keyboard para pembaca sekalian. Otomatis language bar akan berubah mode sesuai yang kita inginkan. Akan muncul huruf "A" jika ingin mode huruf Latin, dan akan muncul huruf "가" jika menginginkan mode huruf Korea. Tapi pastikan tombol bahasa yang aktif adalah bahasa Korea (KO) ya, bukan bahasa Inggris (EN). Selamat mencoba!

Pecinta bahasa Korea sejak tahun 2011 hingga sekarang. Penutur aktif bahasa Jawa, baik itu dialek Semarang-an, Jogja-nan, maupun Suroboyo-nan.

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima kasih sudah menuliskan komentar. Komentar Anda akan dimoderasi lebih dahulu jadi tidak akan langsung muncul.