Cara mendaftar tes TOPIK

Dalam posting sebelumnya, mbakE sudah menjelaskan tentang perbedaan kedua jenis tes TOPIK. mbakE sendiri karena ingin menguji kemampuan pribadi secara umum jadi memutuskan untuk mengikuti TOPIK umum. mbakE pribadi sudah belajar bahasa Korea semenjak tahun 2009, namun baru mengikuti tes ini pada tahun 2015. Itu dikarenakan kurangnya informasi mengenai tes TOPIK ini. mbakE mengira bahwa tes ini hanya diadakan di satu-satunya tempat yaitu di JIKS (Jakarta International Korean School). Nah kalau harus ke Jakarta, mbakE agak berat hati dan juga berat di ongkos hiks hiks.. bisa jadi biaya transport bolak balik Jakarta akan lebih besar dibanding biaya tesnya. 

Berkat informasi dari salah seorang civitas academica UGM (Universitas Gadjah Mada – Jogja) yang menginformasikan bahwa akan dibuka pendaftaran tes TOPIK yang akan diadakan di UGM, mbakE menjadi kembali bersemangat. Kebetulan Jogja tidak begitu jauh dari domisili mbakE sekarang. Merujuk dari website resmi TOPIK, untuk negara Indonesia, pendaftaran harus datang on the spot alias tidak bisa daftar online atau sending document dan sejenisnya. Pada akhirnya mbakE menggali informasi lebih lanjut tentang pendaftarannya. Dan setelah mbakE coba menelepon kantor Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM (fakultas yang menyelenggarakan tes TOPIK ini) kemudian minta dihubungkan ke Progdi Bahasa Korea, akhirnya mbakE mendapatkan info bahwa  pendaftaran bisa diwakilkan (alias dititipkan) orang lain. Tapi saat tes tentu tidak boleh diwakilkan! Perjokian itu namanya hehehe...
Sampai sini mbakE sudah semakin gembira. Tapi jadi bingung juga, karena kalau mau titip terus titip sama siapa gitu. Karena mbakE sama sekali tidak punya teman yang kuliah di UGM. Bahkan temannya teman pun tak punya juga hehehe... Dan jangka waktu pendaftarannya mepet sekali. Hanya seminggu!! Jadi sebaiknya para pembaca benar-benar memperhatikan kapan jadwal pendaftaran dibuka supaya tidak terlambat dan harus menunggu setengah tahun sampai periode tes selanjutnya. Akhirnya setelah usaha kesana kemari, ada satu orang muridnya mbakE yang bersedia ikut mendaftar juga. Setelah sempat minta bantuan kenalan dari murid mbakE tersebut akhirnya terdaftar sudah kami berdua dan seperti ini kira-kira slip pendaftarannya.

Formulir pendaftaran tes TOPIK

Syarat-syarat yang dibutuhkan untuk mendaftar:
* 1 lembar fotocopy KTP/Paspor/SIM. Untuk urusan kartu identitas, hanya jenis identitas ini yang dianggap valid. Kartu pengenal lain seperti kartu pelajar atau kartu mahasiswa tidak akan diterima.

* Pas foto berwarna 3x4 sebanyak 3 lembar
* Formulir pendaftaran, saya mendapatkannya berupa softcopy (file) dari FIB UGM.

* Membayar biaya pendaftaran secara tunai sebesar 150.000 untuk TOPIK I dan 250.000 untuk TOPIK II. (Tidak bisa transfer ataupun m-banking dan sejenisnya).

Setelah berkas ini lengkap semuanya bawalah menuju kantor FIB UGM yang letaknya tidak jauh dari bundaran UGM (pintu masuk UGM). Dari bundaran UGM itu masuk lurus saja sampai lapangan bola lalu ke timur (belok kanan). Jalan sedikit kemudian belok kiri menyusuri sayap timur lapangan bola. Sambil melihat ke sisi kanan jalan, cobalah mencari gedung dengan tulisan FIB (Fakultas Ilmu Budaya). 

Kartu tes

Kalau sudah dapat slip penerimaan/kwitansi, simpan baik-baik slip penerimaan itu. Saat mengikuti tes nanti, slip itu harus dibawa beserta kartu identitas yang ASLI untuk ditukarkan kartu tes di meja panitia. Kartu identitas ini nanti akan dicek oleh pengawas apakah foto yang ada di kartu identitas sama dengan wajah peserta tes. Untuk mencegah perjokian gitu ceritanya. Kemudian untuk alat tulis sudah disediakan oleh panitia spidol hitam khusus, jadi tidak perlu membawa segeprok alat tulis. Be simple aja! Supaya meja kita tidak penuh dengan barang-barang yang tidak berguna. Apalagi kalau jatuh-jatuh karena tersenggol kan repot nanti.

Demikian caranya untuk mendaftarkan diri mengikuti tes TOPIK umum. Semoga bermanfaat  bagi para pembaca. Sampai jumpa di post selanjutnya!

Pecinta bahasa Korea sejak tahun 2011 hingga sekarang. Penutur aktif bahasa Jawa, baik itu dialek Semarang-an, Jogja-nan, maupun Suroboyo-nan.

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

12 komentar

komentar
June 12, 2016 at 10:00 PM delete

mbak mau nanya kemaren pas tes TOPIK di UGM deadline pendaftarannya tgal berapa ya?

Reply
avatar
June 13, 2016 at 3:10 AM delete

hmm.. untuk tes yang oktober biasanya pendaftarannya bulan juli. seperti yang tahun 2016 ini, pendaftaran dibuka 14-27 juli. buruan daftar ya

Reply
avatar
June 16, 2016 at 12:52 PM delete

Mbak saya mau tanya. Bedanya topik 1 sama topik 2 apa ya? Kok biaya nya juga beda. Makasih

Reply
avatar
June 16, 2016 at 12:55 PM delete

Itu nyerahin formulirnya langsung ke UGM ya? Berarti ditulis tangan? Trus bahasa yang dipakai indo,inggris atau hangul? Makasih

Reply
avatar
July 2, 2016 at 2:43 PM delete

topik 1 untuk tes kemampuan level 1-2 (beginner). kalau topik 2 untuk tes kemampuan level 3-6 (advanced). tes nya di hari yang sama tapi beda jam. pagi tes topik 1 dulu. baru siang tes topik 2. boleh ikut dua2nya sekaligus kalau mampu :)

Reply
avatar
July 2, 2016 at 2:49 PM delete

Iya langsung ke kantor progdi bahasa Korea UGM. Formulirnya ditulis tangan pakai huruf latin. tenang saja kan bisa tanya petugas kalau kurang jelas hehe

Reply
avatar
July 13, 2016 at 12:21 PM delete

Mbak kalau mau dapat file formulir yang TOPIK 48, selain di FIB UGM gmn?

Reply
avatar
July 14, 2016 at 10:08 AM delete

Mbak, kan test TOPIK setahun bisa beberapa kali kan. Nah, yang diadakan di UGM itu cuma beberapa test topik atau semua yang diadakan bisa ke UGM?

Reply
avatar
July 15, 2016 at 1:22 AM delete

di Indonesia tes TOPIK cuma diadakan 2 kali dalam setahun. Kalau di JIKS (jakarta) mengadakan 2 kali. Tapi di UGM hanya di bulan oktober (1 kali).

Reply
avatar
March 14, 2017 at 3:27 PM delete

Kak kalo mau daftar topik harus ke JIKS atau UGM dulu ya kak

Reply
avatar
March 14, 2017 at 3:27 PM delete

Kak kalo mau daftar topik harus ke JIKS atau UGM dulu ya kak

Reply
avatar
March 14, 2017 at 3:27 PM delete

Kak kalo mau daftar topik harus ke JIKS atau UGM dulu ya kak

Reply
avatar

Terima kasih sudah menuliskan komentar. Komentar Anda akan dimoderasi lebih dahulu jadi tidak akan langsung muncul.