Cara mengecek nilai tes TOPIK

Waktu yang lalu mbakE sudah bercerita bagaimana pengalaman mbakE saat mengikuti tes TOPIK di Jogja, mulai dari mendaftar tes TOPIK sampai proses ikut tes. Setelah ikut tes tentu penasaran kan kira-kira dapat nilai berapa ya... Hasil tes biasanya akan diumumkan sebulan setelah tanggal tes. Dan diumumkan lewat website resmi TOPIK. Jadi sertifikatnya pun kita harus cetak langsung dari website tersebut. Jadi syarat mutlak untuk bisa mengecek nilai ini adalah koneksi internet. Untuk sekedar melihat nilai mudah saja tapi untuk mencetak sertifikatnya memang sedikit rumit mengingat sertifikat kita adalah dokumen rahasia, jadi pihak TOPIK tentu membungkusnya dengan keamanan-keamanan tertentu supaya aman di dunia maya. Nah berikut ini mbakE akan memberikan langkah-langkahnya.

Langkah 1 : seperti yang sudah mbakE katakan, koneksi internet adalah syarat mutlak. Jadi pastikan internet sudah ON.

Langkah 2 : syarat kedua yang mutlak dipenuhi adalah browser yang digunakan harus Internet Explorer. Tidak bisa browser yang lain. Internet Explorer adalah browser bawaan dari Windows. Aplikasi ini biasanya sudah ada dalam komputer kita. Bisa kita temukan pada menu Start >> All programs >> Internet Explorer. Versi yang mbakE gunakan adalah Internet Explorer 9. Bagi yang menggunakan Macintosh, mbakE kurang tahu bagaimana caranya jadi kita hanya fokus ke sistem operasi Windows.

Langkah 2

Langkah 3 : kita masuk ke website TOPIK pada alamat www.topik.go.kr dan kemudian ganti bahasa ke dalam bahasa Inggris pada menu bahasa di kiri atas. Setelah itu arahkan kursor ke menu My Exam Information kemudian pilih Checking Your Score.

Langkah 3

Langkah 4 : Kita sudah masuk pada menu untuk mengecek nilai. Ada 3 bar yang harus diisi. Baris pertama adalah periode tes TOPIK ke berapakah yang kita ikuti. Kita tinggal pilih saja dari drop down menu yang sudah ada. Baris kedua adalah nomor tes kita. Kita masukkan nomor tesnya sesuai yang tertera pada kwitansi penerimaan saat mengikuti tes. Baris ketiga adalah tanggal lahir kita. Isikan semuanya sesuai data yang benar kemudian klik tombol biru di sebelah kanan.

Langkah 4

Langkah 5 : Jika data benar, nilai kita akan segera muncul seperti dalam gambar ini. Yang perlu dicermati adalah 3 kolom terakhir dari kanan. Kolom 등급 berarti tingkatan level yang kita capai. Dan kolom 합격 여부 adalah keputusan apakah kita lulus atau tidak. Kalau tulisannya 합격 berarti kita lulus. Hore! Selamat ya!

Langkah 5

Pecinta bahasa Korea sejak tahun 2011 hingga sekarang. Penutur aktif bahasa Jawa, baik itu dialek Semarang-an, Jogja-nan, maupun Suroboyo-nan.

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima kasih sudah menuliskan komentar. Komentar Anda akan dimoderasi lebih dahulu jadi tidak akan langsung muncul.