Chobok : hari terpanas pertama di Korea

Halo para pembaca? Hari ini mbakE melihat kalender digital pada smartphone mbakE. Ini adalah kalender versi Korea, jadi kalau ada hari besar atau hari libur nasional versi Indonesia (seperti Lebaran kemarin misalnya) kadang-kadang mbakE kurang tahu, karena di kalender Korea warnanya tetap hitam (alias bukan tanggal merah hehe). Nah di kalender itu pada tanggal hari ini (17 Juli 2016) terdapat tulisan "Chobok". Wah apa ya artinya Chobok itu?

Chobok (초복) adalah hari terpanas pertama di Korea. Jadi di Korea sekarang ini sedang masuk musim panas (Juni-Agustus). Dan pada musim panas tersebut ada tiga hari di mana menjadi hari terpanas dan menguras energi. Hari panas yang pertama disebut Chobok (초복), hari panas yang kedua disebut Jungbok (중복), dan hari panas yang ketiga disebut Malbok (말복). Hari ini muncul Chobok, itu artinya waktunya menyantap Samgyetang (삼계탕) atau sup ayam ginseng.

Samgyetang (삼계탕) atau sup ayam ginseng

Ya ini adalah salah satu budaya Korea. Saat cuaca panas sekali, menyantap sup ayam ginseng ini diyakini akan memulihkan energi kita. Selain berisi rempah-rempah yang bagus untuk kesehatan, porsinya ayamnya juga tidak tanggung-tanggung ya.. satu ekor ayam untuk satu orang! Wow!

Pecinta bahasa Korea sejak tahun 2011 hingga sekarang. Penutur aktif bahasa Jawa, baik itu dialek Semarang-an, Jogja-nan, maupun Suroboyo-nan.

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima kasih sudah menuliskan komentar. Komentar Anda akan dimoderasi lebih dahulu jadi tidak akan langsung muncul.