Tidak bisa mencetak sertifikat tes TOPIK

Sekarang mbakE akan membahas bagaimana caranya mengatasi jika tidak bisa mencetak sertifikat TOPIK dari website (secara online). Cara yang mbakE berikan ini kemungkinan tidak bisa sepenuhnya juga mengatasi masalah teknis yang ada tapi mudah-mudahan bisa membantu.

Pertama adalah masalah versi Internet Explorer-nya. Cerita awalnya mbakE menggunakan sistem operasi Windows 7 dan sebenarnya sudah ada Internet Explorer yang terpasang. Tapi supaya mantap mbakE mengunduh lagi versi IE yang paling baru yaitu versi 11 dari laman resminya di IE versi 11. Setelah selesai mengunduh, mbakE instal IE terbaru tersebut dan kemudian mbakE mencoba untuk mengakses web resmi TOPIK dan apa yang terjadi? Wah malah nggak bisa! Untuk mengecek nilai saja susah apalagi menampilkan sertifikat. Kemungkinan adalah saat website TOPIK tersebut meminta browser untuk menginstal aplikasi-aplikasi tambahan, sepertinya dihadang oleh browser ini sehingga tidak bisa mengakses nilai ataupun sertifikat.

Nah kalau sudah begini, solusinya adalah uninstall (versi 11 itu) hehehe. Mungkin ada cara untuk mengatasi masalah di atas tadi, tapi mbakE memilih untuk back to origin saja deh karena mbakE pikir biasanya versi-versi sebelumnya itu lebih sederhana dan tidak banyak setting yang harus diatur. Setelah uninstall sukses, langkah selanjutnya adalah mencari Internet Explorer bawaan dari Windows. Milik mbakE adalah versi 9. Jika belum ketemu aplikasinya dari Start Menu, coba masuk ke menu Control Panel dan kemudian klik Programs.

Control Panel

Kemudian pilih sub menu Turn Windows features on or off.


Akan terbuka pop menu yang berisi daftar aplikasi-aplikasi bawaan Windows yang bisa kita atur untuk dipasang atau tidak. Carilah aplikasi Internet Explorer dan pastikan tercentang.


Nah sekarang melalui Internet Explorer coba kembali untuk membuka website TOPIK dan cobalah untuk mengecek nilai atau mencetak sertifikat. Tanpa mengutak-utik setting pada browser ini, mbakE sudah berhasil untuk mengecek nilai dan menampilkan sertifikatnya. Tapi jika ternyata masih belum berhasil juga, cobalah cara berikut ini. Dari browser Internet Explorer tersebut carilah ikon setting berbentuk gerigi. Posisinya di kanan atas. Kemudian pilih menu Safety, dan pada opsi ActiveX Filtering pastikan hilangkan tanda centangnya. Kemudian tutup dahulu browsernya kemudian buka kembali (untuk refresh terhadap perubahan tadi maksudnya).


Cobalah kembali untuk mengakses website TOPIK dan coba kembali untuk mengecek nilai atau membuka tampilan sertifikatnya. Semoga berhasil!

Pecinta bahasa Korea sejak tahun 2011 hingga sekarang. Penutur aktif bahasa Jawa, baik itu dialek Semarang-an, Jogja-nan, maupun Suroboyo-nan.

Share this

Berlangganan via email

Related Posts

Previous
Next Post »

Terima kasih sudah menuliskan komentar. Komentar Anda akan dimoderasi lebih dahulu jadi tidak akan langsung muncul.